Rabu, 20 Agustus 2014

Khas Lumajang

Masyarakat suku tengger merupakan salah satu suku yang mendiami lereng gunung Bromo-Bemeru. Gunung bromo (2.392m) adalah gunung yang dianggap suci bagi masyarakat tengger karena merupakan lambang tempat dewa Brahma, tempat wisata terkenal di jawa timur yang dapat ditempuh lewat empat kabupaten, yaitu: Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.

Puncak gunung Bromo yang luasnya 10 km merupakan perpaduan antara lembah dan ngarai dengan panorama yang menakjubkan bisa menikmati hamparan lautan pasir seluas 50 km. Kawah gunung Bromo berada dibagian utara berketinggian 2.392 m diatas permukaan laut yang masih aktif dan setiap saat mengeluarkan kepulan asap ke udara. Suhu rata-rata digunung Bromo antara 3-170C. Bagian selatan merupakan dataran tinggi yang dipisahkan oleh lembah dan ngarai, danau-danau kecil yang membentang di kaki gunung semeru yang dirimbuni hutan dan pepohonan sungguh merupakan pesona alam yang mengagumkan. Disamping pemandangan alam yang indah gunung bromo juga memiliki daya tarik yang luar biasa karena tradisi masyarakat tengger yang tetap berpegang teguh pada adat-istiadat dan budaya yang menjadi pedomannya. Masyarakat tengger memiliki rasa persaudaraan serta solidaritas yang sangat tinggi. Menurur nara sumber di masyarakat tengger kriminalitas sangatlah kecil semua itu disebabkan oleh rasa percaya pada adanya tradisi, kualat, serta akibat yang akan didapat dari Sang Hyang Widhi jika mereka melakukan suatu kesalahan. Masyarakat Suku tengger berjumlah sekitar 40 ribu (1985) tinggal dilereng gunung semeru dan disekitar kaldera tengger.

makanan khas lumajang yang terkenal adalah pisang. makanan ini dibuat sebagai maskot dari profile daerah lumajang.. makanan ini dapat diolah oleh warganya dalam berbagai macam hidangan seperti kripik pisang dalam berbagai rasa, roti pisang, sale pisang, selai pisang dan masih banyak lagi. itulah kenapa kota Lumajang dikenal sebagai kota "pisang".

ciri khas dari kota Lumajang adalah tariannya yang bernama "glipang".. tarian ini dilakukan oleh bebrapa orang pria dengan gerakan yang ritmis dan kompak, seperti gerakan robot dengan pakaian yang seragam dan menggunakan kacamata hitam. lumajang juga dikenal dengan taman wisatanya yaitu "taman nasional Biting yang berisi situs sejarah, Pura Mandara Giri Semeru Agung yaitu pura terbesar yang ad di daerah Lumajang yang tepatnya di daerah Senduro, Ranu Kumbolo yaitu surganya puncak Mahameru, gunung Semeru, puncak B29, dan masih banyak lagi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar